EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) SDN 2 SEBUBUS PALOH TAHUN 2011

June 25, 2011 by   - dibaca 3,722 kali
Filed under PENGEMBANGAN SEKOLAH

Evaluasi diri sekolah  adalah proses evaluasi diri  yang bersifat internal, yang melibatkan  pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar Penyusunan RKS dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota.

Proses evaluasi diri sekolah merupakan siklus, yang dimulai dengan pembentukan Tim Pengembang Sekolah (TPS), pelatihan penggunaan instrumen, pelaksanaan EDS di sekolah dan penggunaan hasilnya sebagai dasar penyusunan RPS/RKS dan RAPBS/RKAS. Sekolah melakukan proses EDS setiap tahun sekali.

EDS dilaksanakan oleh Tim Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas: Kepala Sekolah, wakil unsur guru, wakil Komite Sekolah, wakil orang tua siswa, dan pengawas.

Adapun tujuan utama Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah:

  1. Sekolah menilai kinerjanya berdasarkan SPM dan SNP.
  2. Sekolah mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian SPM dan SNP sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan yang bermuara pada peningkatan mutu peserta didik.
  3. Sekolah dapat menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) atau  Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) sesuai kebutuhan nyata menuju ketercapaian implementasi SPM dan SNP.

EDS bukanlah proses yang birokratis atau mekanis, melainkan suatu proses dinamis yang melibatkan semua pemangku kepentingan dalam sekolah. EDS perlu dikaitkan dengan proses perencanaan sekolah dan dipandang sebagai bagian yang penting dalam kinerja siklus pengembangan sekolah. Sebagai kerangka kerja untuk perubahan dan perbaikan, proses ini secara mendasar menjawab 3 (tiga) pertanyaan kunci di bawah ini:

  1. Seberapa baikkah kinerja sekolah kita? Hal ini terkait dengan posisi pencapaian kinerja untuk masing-masing indikator SPM dan SNP.
  2. Bagaimana kita dapat mengetahui kinerja sekolah? Hal ini terkait dengan bukti apa yang dimiliki sekolah untuk menunjukkan pencapaiannya.
  3. Bagaimana kita dapat meningkatkan kinerja? Dalam hal ini  sekolah melaporkan dan menindaklanjuti apa yang telah ditemukan sesuai pertanyaan di nomor 2 dan nomor 3 sebelumnya.

Sekolah menjawab ketiga masalah ini setiap tahunnya dengan menggunakan seperangkat indikator kinerja untuk melakukan pengkajian yang obyektif terhadap kinerja mereka berdasarkan SPM dan SNP yang ditetapkan, dan mengumpulkan bukti mengenai kinerja peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan.

untuk lebih jelasnya dibawah ini tersedia link untuk mendownload contoh yang telah kami buat  dan semoga bermanfaat bagi kita semua :

  1. EDS SDN 2 SEBUBUS PALOH
  2. Lembar pengesahan, kata pengantar, dan daftar isi.
  3. COVER EDS

oh ya..sebelum mendowload…jangan lupa kritik dan sarannya ya..karena itu sangat kami harapkan…

15 Responses to “EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) SDN 2 SEBUBUS PALOH TAHUN 2011”

  1. Hanif says:

    Informasi tentang EDS ini memberikan kemudahan bagi kami dalam menyusun EDS yang disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing.

  2. Idris says:

    Trima kasih…..!EDSnya dan MSPDnya

  3. CAHYONO says:

    TRIMA KASIH PAK SOLIHIN,ATAS CONTOH EDS NYA.SEMENTARA GAK BANYAK KOMENTAR.

  4. Anwar Maspul says:

    Terima Kasih EDS Nya Karena sangat Bermamfaat

  5. marzuki says:

    bagai mana EDS dengan program BOS 2012

  6. s.maryamah says:

    Trim’s ya atas ya atas contoh EDS nya, sangat berguna bagi kami yg saat ini lg menyusun laporan EDS

  7. syamsul hadi says:

    Terimakasih banyak atas contoh EDSnya

  8. aep saepuloh says:

    trm ksih pak,,,,,,,,,,,,,,,,

  9. aep saepuloh says:

    trm ksh

Leave a Reply

 
Layanan ini diselenggarakan oleh TELKOM SOLUTION untuk dunia pendidikan di Indonesia. Mari kita majukan
bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna pada dunia pendidikan Indonesia.